Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Otomotif: Mendeteksi Kerusakan Kaki Mobil

Di tengah kepungan banjir dengan kondisi jalan yang berlubang dan membuat kinerja kaki mobil bekerja ekstra, pengguna mobil perlu memperhatikan beberapa hal dengan mendeteksi komponen kaki mobil.

Bisnis.com, JAKARTA - Banjir yang terjadi pada beberapa pekan terakhir ini meninggalkan banyak kerusakan jalanan salah satunya adalah jalan berlubang. Kondisi jalanan yang buruk seperti ini, bagi semua pengendara mobil merupakan momok karena akan sangat mengganggu perjalanan.

Di sisi lain, salah satu hal yang paling berdampak bagi kendaraan khusus mobil adalah kaki-kakinya akan sangat bekerja keras sehingga jangka umur pemakaian akan semakin singkat alias rusak.

Dari segi teknnisnya, kaki mobil terdiri dari Tie Rod, Rack-End, Ball Joint, Stabilizer Bar-Link, Drag Link. Hal tekhnis tersebut akan sangat berpengaruh terhadap Bearing Roda,Shockbreaker, spooring, velg, hingga perforama rem mobil.

Untuk itu, ditengah kepungan banjir dengan kondisi jalan yang berlubang dan membuat kinerja kaki mobil bekerja ekstra, pengguna mobil perlu memperhatikan beberapa hal dengan mendeteksi komponen kaki mobil.

Pertama, untuk mendeteksi Tie Rod End dan Rack End adalah merasakan getaran pada setir/roda kemudi pada saat kecepatan kendaraan berada pada 60km/h-80km/h.

Bahkan jika sudah rusak terlalu parah, semakin anda menambah kecepatan kendaraan akan semakin kencang getaran yang anda rasakan pada setir/roda kemudi, dan kendaraan tidak bisa melaju dengan posisi tetap (fix) melainkan akan lari ke kanan dan ke kiri, sehingga mobil tidak nyaman untuk dikendarai.

Dalam kasus ini, anda tidak dapat melakukan spooring pada kendaraan dengan kondisi Tie Rod End dan Rack End yang rusak, karena posisi "bola-bola"/joint yang selalu berubah.

Kedua, untuk mendeteksi ball joint adalah dengan melihat ciri fisik yangg dapat dilihat dengan mata adalah "bola-bola"/joint tampak kering (mengkilap), grease (gemuk) yang sudah habis/kering, menyebabkan pergerakan "bola-bola"/joint tersebut lemah atau terlalu bebas sehingga kinerjanya sudah tidak maksimal.

Selain itu, pada saat anda berkendara di jalanan berlubang  akan terdengar bunyi yang kasar dan cukup mengganggu karena terdengar sampai dalam kabin kendaraan. Hal lain juga adalah ketika anda hendak memarkirkan kendaraan anda, dan setir kemudi diputar sampai mentok. Pada saat  anda memajukan kendaraan anda, anda akan merasakan mobil anda seperti "terpeleset" di roda depan.

Ketiga, untuk mengetahui  stabilizer bar link yang merupakan bagian inti dari kaki mobil adalah dengan cara ketika anda berkendara melintasi jalanan dengan permukaan seperti tersebut diatas, akan terdengar bunyi "gluduk-gluduk"  yang tidak akan berhenti kecuali anda melewati jalanan yang permukaannya tertutup aspal rata. Hal ini mengindikasikan bahwa Stabilizer Bar Link anda mengalami kerusakan.

Service Manager Auto2000 Cabang Krida Henri Hartono menjelaskan, dengan merasakan hal vital dari kaki mobil seperti diatas, pengguna mobil juga harus memperhatikan beberapa hal inti yang akan sangat berpengaruh jika kaki mobil mengalami kerusakan.

Henri menambahkan, hal lain yang harus diperhatikan adalah merawat bearing roda, merawat shockbreaker, melakukan spooring, merwat velg mobil, rem mobil dan ban mobil.

“Hal ini sangat berpengaruh jika kaki mobil terganggu jadi penting untuk diperhatikan,” ujarnya, Jumat (7/2/2014).

Dengan memperhatikan faktor eksternal diluar faktor inti kaki mobil, lanjut Henri, akan membuat pengendara waspada terhadap hal fatal seperti kecelakaan. Dan jika sudah sangat fatal, pengendara mobil harus segera ke bengkel untuk melakukan perbaikan karena sangat berdampak besar bagi performa kendaraan secara keseluruhan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper