Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Sedan Taksi Stagnan, Tapi ATPM Tetap Kepincut

Pasar sedan taksi tak menunjukkan pertumbuhan signifikan sepanjang tahun lalu. Meski volume penjualannya stagnan, tapi beberapa merek menunjukkan keseriusan menggarap segmen ini lebih dalam.

Bisnis.com, JAKARTA - Pasar sedan taksi tak menunjukkan pertumbuhan signifikan sepanjang tahun lalu. Meski volume penjualannya stagnan, tapi beberapa merek menunjukkan keseriusan menggarap segmen ini lebih dalam.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat total penjualan sedan taksi dari pabrik ke diler (wholesales) 13.171 unit pada 2013. Angka ini sedikit turun dibandingkan realisasi pada 2012 berjumlah 13.229 unit.

Namun demikian, tetap ada agen tunggal pemegang merek (ATPM) sedan pelat kuning yang meyakini segmen ini potensial. Pasalnya, PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengeluarkan model terbaru taksi mereka.

Sedan Toyota Etios resmi merembes ke pasar taksi domestik terhitung sejak Oktober 2013. Berselang sebulan kemudian masuklah Nissan Almera. Penjualan terbanyak dipegang Etios sejumlah 2.196 unit, sedangkan Almera 498 unit.

Pemasaran Almera dilakukan NMI, ATPM Nissan, bekerja sama dengan perusahaan taksi Blue Bird Group. Sedan ini diimpor utuh dari Thailand dan diklaim sebagai armada taksi regular dengan ruang kabin terluas.

Wakil Presiden Direktur Penjualan dan Pemasaran Nasional NMI Yoshiya Horigome mengatakan sebaran Almera lebih terkonsentrasi di DKI Jakarta. "Kami juga berkomitmen memberi layanan service 24 jam kepada operator taksi," katanya, belum lama ini.

Sejauh ini, Nissan Almera baru dipasok ke Blue Bird Group. Tapi, tetap terbuka kemungkinan untuk menjalin kemitraan dengan operator taksi lain ke depannya.
Seperti halnya Nissan, Toyota juga mendatangkan sedan Etios dari luar negeri alias impor. Armada taksi ini belum dibuat di pabrik Toyota yang ada di Kawarang, Jawa Barat, seperti Vios (taksi Limo).

Direktur Pemasaran TAM Rahmat Samulo mengaku tak mematok target penjualan sedan Etios secara khusus. "Kami ikuti pesanan dari operator taksi saja. Ini sifatnya untuk mengkomodir kebutuhan mereka," katanya.

Sedan Toyota Etios didatangkan dari India, di sanalah pertama kali model ini mengaspal tepatnya pada 2010. Sebelum menjual ke Indonesia, Toyota lebih dulu menguji cobanya guna memastikan kompatibilitas kendaraan ini terhadap kebutuhan perusahaan taksi domestik.

Sebelum Etios muncul, Toyota dikenal atas produknya Limo yang terjual 9.582 unit selama 2013. Sedangkan taksi lainnya terjual 376 unit untuk Chevrolet Kalos (sedan Lova), Hyundai Excel III 333 unit, dan Kia Cerato sekitar 177 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper