Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suzuki Indomobil Siap Garap Pasar Asean

PT Suzuki Indomobil Sales siap menggarap potensi pasar otomotif kawasan Asean yang mencapai sekitar 4 juta unit pada tahun depan menyusul dioperasikannya pabrik baru Suzuki di Karawang berkapasitas 100.000 unit per tahun.

Bisnis.com, JAKARTA--PT Suzuki Indomobil Sales siap menggarap potensi pasar otomotif kawasan Asean yang mencapai sekitar 4 juta unit pada tahun depan menyusul dioperasikannya pabrik baru Suzuki di Karawang berkapasitas 100.000 unit per tahun.

Pabrik baru Suzuki di kawasan industri Delta Mas, Karawang akan beroperasi tahun depan guna memperkuat dua pabriknya di Cakung khusus memproduksi mesin dan transmisi serta satu pabrik di Tambun berkapasitas 150.000 per tahun.

Soebronto Laras, Presiden Komisaris Indomobil Group, mengatakan pihaknya melalui PT Suzuki Indomobil Sales, agen tunggal pemegang merek Suzuki, segera memiliki pabrik mobil berkapasitas mencapai sedikitnya 250.000 unit per tahun.

"Dengan total kapasitas produksi sekitar 250.000 unit mobil per tahun, kami siap menggarap potensi pasar otomotif Asean mencapai sekitar 4 juta unit per tahun, setelah diberlakukan kesepakatan pasar bebas Asean," katanya, Minggu (19/1/2014).

Menurutnya, Suzuki Indomobil Sales sebagai kelompok usaha Indomobil Group akan mengambil porsi lebih besar dari pasar otomotif Asean yang diperkirakan mencapai 4 juta unit, termasuk diantaranya pasar di Indonesia sekitar 1,2 juta unit.

Davy J. Tuilan, Marketing and Dealer Network Development Director Suzuki Indomobil Sales, mengatakan Suzuki berusaha terus meningkatkan pengsa pasar (market share) sekitar 3%-4% per tahun menjadi 16,7% pada tahun ini.

Peningkatan penjualan Suzuki itu, lanjutnya, lebih tinggi dari pencapaian penjualan whole sales pada 2013 mencapai sebanyak 164.003 unit atau 13,3% dari pangsa pasar nasional dan juga diatas pangsa pasar pada 2012 sekitar 11,3%.

"Kami siap melakukan berbagai upaya strategis untuk meningkatkan penjualan mencapai 16.7% pada tahun ini, termasuk dengan memberikan layanan purna jual melalui kegiatan Pesta Keluarga Ertiga," tegasnya.

Dia mengatakan kendaraan multi purpose vehicle Ertiga memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap total penjualan Suzuki, karena sejak pertama kali diluncurkan pada April 2012 hingga kini terjual lebih dari 100.000 unit.

Di tengah persaingan low MPV yang semakin ketat, penjualan Ertiga selama 2012 berhasil meraih market share 11,4% di kelasnya, kemudian meningkat menjadi 17,9% pada 2013 dan tahun ini diharapkan Ertiga dapat menguasai market share hingga 20%.

Dia mengatakan strategi pemasaran yang efektif sangat penting bagi Suzuki Ertiga untuk berlaga di pasar low MPV dengan tingkat persaingan yang semakin ketat dan juga kehadiran kendaraan low cost green car yang menggerogoti pangsa pasarnya.

Sementara itu, lanjutnya, upaya menjaga loyalitas konsumen terhadap Suzuki Ertiga digelar acara Pesta Keluarga Ertiga di Jakarta, dengan peserta lebih banyak dari kegiatan serupa pada November 2012 diikuti 2.379 unit mobil Suzuki Ertiga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper