Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa UI Luncurkan Mobil Masa Depan Keris RV

Mahasiswa Universitas Indonesia yang tergabung dalam tim UI Supermileage Vehicle Team (UI-SMV) meluncurkan dua kendaraan yang dianggap sebagai mobil masa depan.

Bisnis.com, JAKARTA - Mahasiswa Universitas Indonesia yang tergabung dalam tim UI Supermileage Vehicle Team (UI-SMV) meluncurkan dua kendaraan yang dianggap sebagai mobil masa depan.

Mobil yang terdiri dari prototype bensin dan prototype urban concept itu diluncurkan di Fakultas Teknik UI di kampus Depok serta dihadiri oleh Rektor UI Prof.Dr.Ir Muhammad Anis, M.Met serta pembimbing tim UI-SMV.

Dalam kategori prototype bensin, tim UI-SMV melalui Nakoela Team menunjukkan mobil bernama Keris RV yang sebelumnya mencetak rekor Indonesia dengan pencapaian satu liter bensin untuk 1.027 kilometer  dalam ajang Indonesia Energy Marathon Challenge 2013 pada November lalu.

Keris RV yang berbobot 45 kilogram itu memiliki kerangka mobil berbahan alumunium dengan menggunakan Internal Combustion Engine serta 110 cc Carburettor.

“Adapun pada prototype urban concept tim UI-SMV melalui Sadewa Team menampilkan sebuah mobil bernama Kalabia evo-4 yang memiliki best attempt result pada angka 250 km per liter,” tulis Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Rabu (4/12/2013).

Dengan bobok 90 kilogram itu, Kalabia evo-4 dilengkapi sistem sekuensial injeksi dan hi-impedance injector yang memungkinkan penyemprotan bahan bakar menjadi lebih presisi dari segi waktu maupun jumlah sehingga menghasilkan penghematan energy yang sangat besar.

“Kategori prototype bensin mempertandingkan kendaraan berbentuk futuristik yang bertujuan untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar melalui elemen desain yang inovatif,” tulis keterangan itu.

Sedangkan kategori prototype urban concept lebih memerhatikan desain kendaraan konvensional roda empat yang hemat bahan bakar, sesuai dengan kebutuhan pengemudi saat ini. Keduanya dirancang untuk tujuan yang sama, menempuh jarak terjauh dengan satu liter bahan bakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yodie Hardiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper