Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Volvo Kembangkan Kemudi Otomatis

Seratus unit Volvo kemudi otomatis akan lalu-lalang di jalanan umum kota Gothenburg Swedia pada 2017. Volvo, perusahaan otomotif Swedia yang kini dimiliki China, mengemukakan hal tersebut awal pekan ini.

Bisnis.com, STOCKHOLM - Seratus unit Volvo kemudi otomatis akan lalu-lalang di jalanan umum kota Gothenburg Swedia pada 2017. Volvo, perusahaan otomotif Swedia yang kini dimiliki China, mengemukakan hal tersebut awal pekan ini.

Proyek perintis itu dinamakan Drive Me dengan anggaran 500 juta kronor (sekitar US$72 juta).  Drive Me merupakan proyek patungan Volvo dengan beberapa lembaga seperti Badan Transportasi Swedia dan Pemda Gothenburg.

"Kami ingin lebih cerdas dan bekerja sama dengan mudah untuk bisa sepadan dengan negara terbesar atau merek otomotif terbesar," kata bos Volvo Haakan Samuelsson seperti dikutip AFP.

Kendaraan pertama tanpa pengemudi tersebut punya kecepatan maksimum 70 km/jam dan akan lalu-lalang sejauh 50 km di jalan-jalan tertentu termasuk yang padat lalu-lintasnya.

Proyek tersebut dimulai 2014 dengan diawali riset pelanggan dan pengembangan teknologi. Mobil tanpa pengemudi itu menerima data dari kamera 360 derajat, GPS, dan sensor-sensor yang berfungsi sebagai "mata" dan "telinga".

Selain Volvo, merek-merek otomotif lain bahkan perusahaan teknologi Google juga berlomba mengembangkan kendaraan tanpa pengemudi.

Belum lama ini Nissan mengumumkan kendaraan tanpa pengemudi buatan mereka akan siap pada 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul-nonaktif
Sumber : newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper