Sedan Etios, Merembes ke Pasar Taksi, Tembus 1.430 Unit

Akhirnya, PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi melepas sedan Etios ke pasar taksi sejak Oktober 2013. Penjualan dari pabrikan ke diler (wholesales) sedan ini langsung menembus 1.430 unit.
Dini Hariyanti | 02 Desember 2013 19:19 WIB
Sedan Etios - Indiancarbikes.in

Bisnis.com, JAKARTA - Akhirnya, PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi melepas sedan Etios ke pasar taksi sejak Oktober 2013. Penjualan dari pabrikan ke diler (wholesales) sedan ini langsung menembus 1.430 unit.

Jumlah itu sekitar empat kali lipat penjualan sedan Vios (Limo taksi) 358 unit. Sejauh ini, Toyota menguasai seitar 92,95% market angkutan taksi atau setara dengan 10.763 dari 11.579 unit (Januari - Oktober 2013).

Direktur Pemasaran TAM Rahmat Samulo mengaku tak mematok target penjualan sedan Etios secara khusus. "Kalau ada pesanan segitu akan kami pasok segitu. Kami ikuti pesanan dari operator taksi saja. Ini sifatnya untuk mengkomodir kebutuhan mereka," katanya kepada Bisnis, Senin (2/12/2013).

TAM, agen tunggal pemegang merek (ATPM) Toyota, memroses tanda pendaftaran tipe kendaraan bermotor (TPT) sedan Etios sejak akhir Oktober 2013. Model yang diboyong ke Indonesia ini berkapasitas 1,5 liter menggunakan transmisi manual.

Produksi sedan Etios belum dilakukan di dalam negeri, TAM mengimpornya dari India dan memang di sanalah pertama kali model ini mengaspal tepatnya pada 2010. Sebelum menjualnya di Indonesia terlebih dulu dilakukan uji coba demi memastikan kompatibilitas kendaraan ini terhadap kebutuhan perusahaan taksi.

"[Tingginya permintaan Etios] bukan karena ada yang kurang dari Vios. Tergantung permintaan operator taksi saja, mereka punya pandangan masing-masing untuk Vios dan Etios," ujar Rahmat.

Salah satu perusahaan taksi yang memastikan pembelian sedan tersebut adalah PT Express Transindo Utama Tbk. (Express Group). Rencananya, sedan Etios mengaspal mulai awal 2014 tetap mengusung nama Limo. 

Sekretaris Korporat Express Transindo Utama Merry Anggraini menyatakan perseroan memesan 550 unit Etios. "Sekarang belum beroperasi karena masih dalam proses pengurusan izin," tuturnya kepada Bisnis secara terpisah.

Pada tahun mendatang, Express hendak mengganti seluruh sedan Vios yang ada dengan Etios. Alasanya lebih kepada faktor harga dan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Selisih harga jual sedan Etios dengan Vios sekitar antara Rp20 juta - Rp25 juta per unit. Selain itu, pemakaian bensin Expresspun dirasakan lebih irit. Express berharap banderol harga Etios ke depan lebih murah seiring dengan rencana Toyota memproduksi sedan di pabrik Karawang 2, Jawa Barat.

Pada 2014, imbuh Merry, PT Express Transindo Utama menargetkan pengadaan armada baru sekitar 2.000 unit. Perseroan hendak memenuhi seluruhnya menggunakan sedan Etios.

"Kalau pemesanan tahun ini kami lakukan sejak kuartal III/2013 akan beroperasi awal 2014 sejumlah 550 unit. Tahun depan akan tambah lagi," ujarnya.

Berbeda dengan Express, Vice President of Business Development Blue Bird Group Noni Purnomo mengaku pihaknya belum berniat membeli sedan Etios.

“Perusahaan masih mempelajari serta membandingkan antara jenis sedan yang sekarang dipakai dengan [produk baru] yang tersedia di pasar,” katanya.

Selain merek Toyota, ada tiga produsen lain yang turut bermain di pasar angkutan taksi, yakni KIA Cerato, Hyundai Excel III, dan Chevrolet Kalos (Lova taksi). Sepanjang Januari - Oktober 2013, masing-masing terjual sejumlah 177 unit, 262 unit, dan 376 unit.

 

 

Wholesales Taksi 2013 (Unit)

------------------------------------------------------------------------------------------

Merek                         September       Oktober            Jan-Okt

Toyota Vios/Limo          989                   358                   9.333

Toyota Etios/Limo         -                       1.430                1.430

Toyota Mark X               1                      0                      1

Kia Cerato                     0                      0                      177

Hyundai Excel III            0                      0                      262

Chevrolet Kalos/Lova      0                      0                      376

Total                            990                   1.788                15.579

 

Sumber: Gaikindo

Tag : toyota astra motor, sedan etios
Editor : Bambang Supriyanto
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top