Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tim ITS Juara Umum Lomba Mobil Irit BBM di Surabaya

Tim ITS menyabet juara umum dalam lomba mobil hemat bahan bakar bertajuk Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2013 yang diikuti 53 tim dari 30 universitas se-Indonesia di Sirkuit Kenjeran Park, Surabaya, pada 15-17 November.

Bisnis.com, SURABAYA--Tim ITS menyabet juara umum dalam lomba mobil hemat bahan bakar bertajuk Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2013 yang diikuti 53 tim dari 30 universitas se-Indonesia di Sirkuit Kenjeran Park, Surabaya, pada 15--17 November.

"Karena hasil race hari terakhir dalam lomba irit [mobil hemat] itu, tim ITS menyabet empat dari enam kelas [dua kategori] yang dilombakan," kata Sekretaris Panitia Pelaksana IEMC 2013, Kenan Sihombing, di Surabaya, Minggu (17/11/2013) malam.

Kenan, yang didampingi staf Sekretariat Panitia Pelaksana IEMC 2013 Zahrah, menjelaskan untuk kategori prototipe, tim ITS menyabet peringkat pertama pada kelas diesel, sementara kelas bensin menyabet peringkat kedua. Namun, pada kelas listrik justru kalah dari tim UI dan UPI.

"Sebaliknya, pada kelas urban, tim ITS menyabet peringkat pertama pada semua kelas yakni bensin, diesel, dan listrik," kata mahasiswa jurusan Teknik Mesin ITS itu.

Untuk proto bensin (kategori prototype kelas bensin), hasil race adalah Nakoela Hore UI dari UI dengan capaian 1.027,4650 kilometer per liter (km/lt), sedangkan ITS Team 1 dari ITS dengan capaian 677,9639 km/lt.

Untuk proto diesel (kategori prototipe kelas diesel), hasil lomba adalah ITS Team 4 dari ITS dengan capaian 399,2818 km/lt, sedangkan peringkat kedua tidak ada.

Untuk proto listrik (kategori prototype kelas diesel), hasilnya adalah Arjuna Hore UI dari UI dengan pencapaian 252,4328 km/kWh dan Bumi Siliwangi 3 dari UPI dengan capaian 236,9837 km/kWh.

Untuk urban bensin (kategori urban kelas bensin), hasil race adalah ITS Team 3 dari ITS dengan capaian 191,1462 km/lt dan Bengawan dari UNS dengan capaian 135,8922 km/lt.

Untuk urban diesel (kategori urban kelas diesel),  ITS Team 2 dari ITS unggul dengan capaian 191,9998 km/lt dan Semar Urban dari UGM 111,8151 km/lt.

Untuk urban listrik (kategori urban kelas listrik), hasilnya adalah Nagageni 2 dari ITS dengan capaian 100,1006 km/kWh dan Cikal Cakrawala EV dari ITB dengan capaian 69,2053 km/kWh.

"Selain peraih nilai terbaik, panitia juga menyiapkan juara best desain, best video, dan best team yang diumumkan pada penutupan lomba di Gedung Robotika ITS Surabaya," katanya.

IEMC sudah dua kali diadakan Jurusan Teknik Mesin ITS dengan dukungan Dirjen Dikti Kemendikbud pada 2012 dan 2013 dengan juara umum diraih ITS dalam 2 tahun berturut-turut itu.

Pada hari terakhir IEMC 2013 yang sempat disaksikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, tim Apatte 62 Brawijaya Team 1 kelas proto listrik mengalami kegagalan race akibat kesalahan teknis sehingga mobil menabrak balon gate start.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor :
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper