Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suzuki Ekspor Karimun Wagon R ke Pakistan

PT Suzuki Indomobil Sales, agen tunggal pemegang merek Suzuki, mulai mengekspor kendaraan murah pro lingkungan Suzuki Karimun Wagon R ke Pakistan pada akhir bulan ini dan segera disusul ke sejumlah negara di Asia Timur dan Eropa.

Bisnis.com, TANGERANG SELATAN--PT Suzuki Indomobil Sales, agen tunggal pemegang merek Suzuki, mulai mengekspor kendaraan murah pro lingkungan Suzuki Karimun Wagon R ke Pakistan pada akhir bulan ini dan segera disusul ke sejumlah negara di  Asia Timur dan Eropa.

Endro Nugroho, Sales Director Suzuki Indomobil Sales, mengatakan ekspor perdana Karimun Wagon R tujuan Pakistan akan dilaksanakan pada 28 November 2013 sebanyak 48 unit dalam bentuk completely knock down sesuai dengan permintaan pasar negara tersebut.

“Pengapalan perdana Karimun Wagon R itu segera disusul ekspor yang kedua dan seterusnya secara bertahap hingga total mencapai 12.000 unit sampai akhir 2014,” katanya saat acara Pesta Otomotif Mobil Suzuki (POMS) 2013 di BSD Tangerang Selatan, Sabtu (16/11/2013).

Menurutnya, ekspor kendaraan low cost green car Suzuki Karimun Wagon R ke Pakistan merupakan salah satu wujud pengakuan pasar internasional terhadap mobil berkualitas buatan Indonesia.

Apalagi, lanjutnya, sesuai peraturan pemerintah tentang LCGC harus memiliki kandungan komponen lokal yang secara bertahap ditingkatkan menjadi  80% sehingga banyak memberikan nilai tambah bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Pihaknya juga menjajaki pasar potensial Karimun Wagon R ke sejumlah negera di kawasan Asia Timur dan Selatan serta Eropa dengan tetap mempertimbangkan kecukupannya dalam memenuhi kebutuhan pasar domestik.

Suzuki Karimun Wagon R, lanjutnya, sejak diluncurkan pertama pada kesempatan pembukaan Indonesia International Motor Show 2013 pada September lalu, hingga kini terpesan sekitar 1.800 unit berdasarkan surat pemesanan kendaraan (SPK) oleh konsumen.

Dari total pemesanan Karimun Wagon R sebanyak 1.800 unit tersebut, lanjutnya, mencapai lebih dari 1.200 unit diantaranya telah didistribusikan kepada diler untuk selanjutnya di serahkan kepada kosumen.

Endro menegaskan kepercayaan konsumen terhadap kendaraan city car antara lain muncul setelah mengetahui Suzuki Krimun Wagon R dengan nama berbeda telah dipasarkan di Jepang sekitar 4 juta unit dan total di seluruh dunia mencapai 6 juta unit.

Sementara itu Davi Tuilan, Marketing and Dealer Network Development Director Suzuki Indomobil Sales, mengatakan Karimun Wagon R diproduksi pabrik Suzuki di Tambun, yang kapasitas produksinya 150.000 unit ditingkatkan menjadi 200.000 unit per tahun.

Dari total produksi pabrik Suzuki di Tambun, lanjutnya, sebagian diantaranya mencapai 1.500 unit per bulan adalah kendaraan Karimun Wagon R, yang rencananya secara bertahap akan ditingkatkan menjadi 2.000 unit per bulan sesuai permintaan pasar.   

Suzuki juga tengah membangun pabrik baru di Cakung dengan total investasi mencapai sekitar Rp10 triliun untuk menambah total kapasitas produksi pabriknya di Indonesia gena memenuhi pertumbuhan permintaan pasar di dalan dan luar negeri.

“Pembangunan pabrik baru Suzuki di Cakung, selain untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam, juga untuk tujuan ekspor, sebagaimana ekspor yang sudah dilaksanakan untuk kendaraan APV ke sebanyak 107 negara,” ujarnya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper