Minggu, 23 November 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

PASAR MOBIL BEKAS: Target Penjualan WTC Mangga Dua Tidak Tercapai

Agust Supriadi   -   Rabu, 20 Februari 2013, 19:11 WIB

BERITA TERKAIT

JAKARTA—Penjualan mobil bekas di WTC Mangga Dua Jakarta pada Januari lalu tercatat sebanyak 2.500 unit, meleset dari target 3.000 unit akibat banjir yang sempat merendam Ibu Kota selama sepekan.

Herjanto Kosasih, Manager Senior Pemasaran Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Jakarta, menjelaskan meskipun target tidak tercapai, penjualan mobil bekas pada Januari lebih baik dibandingkan Desember 2012 yang hanya 2.200 unit.

Namun, jika dibandingkan dengan penjualan pada Januari 2012, penjualan mobil bekas pada bulan lalu turun sekitar 10%.

“Mestinya sih mencapai target 3.000 unit. Kami sudah optimis sekali karena sampai minggu kedua sudah mendekati 2.000 unit, tapi ada banjir sehingga di akhir bulan cuma tercatat  2.500 unit,” jelasnya kepada Bisnis, Rabu (20/2).

Selain banjir, Herjanto melihat banyak calon konsumen yang mengurungkan niat membeli mobil bekas karena memilih menunggu keluarnya mobil murah.

“Keluarnya varian baru dan promo diskon besar-besaran oleh APM juga lumayan berdampak ke permintaan mobil bekas,” katanya.

Kendati demikian, Herjanto Kosasih tetap optimistis pasar mobil bekas masih akan subur pada tahun ini. Hal itu tercermin dari realiasi penjualan selama dua pekan terakhir yang sudah sebanyak 1.900 unit.

“Kami masih optimistis karena kami yakin penjualan mobil baru akan terpengaruh oleh aturan uang muka pembiayaan 30% dari harga jual, sedangkan kami kan tidak ada patokan harga jual jadi aman,”terangnya.

Sejauh ini, lanjut Herjanto, segmen sport utility vehicle (SUV) mendominasi pasar mobil bekas. Namun, secara keseluruhan diperkirakan multi purpose vehicle (MPV) yang masih akan merajai pasar.

“Kalau pasar MPV tidak akan ada matinya, abadi kayanya,” tandasnya.


Editor : Other

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

 

POPULER